• Sekolah Mengenal Nusantara 2018 di KBN. -WB01-
  • Menyanyi bersama Direktur Keuangan KBN. -WB01-
  • Sekolah Mengenal Nusantara 2018 di KBN. -WB01-
  • Sekolah Mengenal Nusantara 2018 di KBN. -WB01-

Sambutan Istimewa KBN untuk Delegasi SMN Kaltara

Sambutan Istimewa KBN untuk Delegasi SMN Kaltara

Tue, 08/14/2018 - 17:21
Posted in:
0 comments

DELEGASI Sekolah Mengenal Nusantara (SMN) dari Kalimantan Utara (Kaltara) mengunjungi PT KBN Persero, Senin (13/8). Rombongan yang terdiri atas 23 peserta SMN dan 5 pembimbing itu diterima langsung oleh Direktur Keuangan PT KBN, Daly Mulyana di kantor baru KBN, Jl. Jawa KBN Cakung.

Dirkeu didampingi Kepala Divisi Manajemen Operasional dan Kadiv SDM Umum menyambut mereka dengan mengalungkan selempang Betawi diiringi dengan lagu “BUMN Hadir untuk Negeri” yang dibawakan Exprozo Band.

Dari pintu masuk, masing-masing peserta disambut layaknya tamu istimewa oleh deretan para pegawai-pegawai muda KBN yang berjajar menuju ruang pertemuan. Sambil menyanyi, mereka melambai-lambaikan tangan sebagai tanda perkenalan dan ungkapan “selamat datang’.

Setiba di ruangan, para peserta SMN tak segan-segan membentuk formasi lingkaran dan nyanyi bareng Direktur Keuangan KBN mengikuti lagu “Laskar Penyanyi” yang dibawakan Exprozo Band. Suasana sore itu pun mendadak penuh hingar-bingar.

Sambutan yang cukup istimewa ini diharapkan mampu membawa kesan mendalam bagi 23 peserta SMN dan 5 orang pendampingnya dari Kalimanan Utara itu.

Ari, salah satu pembimbing yang menjadi juru bicara rombongan mengaku sangat terkesan dengan penerimaan KBN yang begitu meriah dan istimewa. Ia berharap apa yang dirasakan di KBN bisa jadi semacam ‘oleh-oleh’ yang bisa diceritakan kepada teman-teman sekolahnya sekembalinya ke Kaltara.

Menurut Ari, para peserta SMN dari Kaltara merupakan anak-anak SMA, SMK, dan SLB yang terpilih dari puluhan sekolah lanjutan pertama di Kaltara. Mereka paling beruntung karena mendapat kesempatan mengunjungi Ibukota Jakarta.

Di Jakarta, SMN dari Kaltara ini mendapat kesempatan untuk mengunjungi kantor Telkom, Percetakan Negara RI (PNRI), PT Jakaarta Industrial East Pulogadung (JIEP), dan PT KBN Persero. Keempatnya merupakan BUMN yang ditugasi mengawal SMN Kaltara di Jakarta.

Selain mengunjungi BUMN, para peserta mendapat kesempatan mengunjungi sejumlah obyek wisata, budaya, dan lainnya.

Dalam sambutannya kepada para peserta SMN, Dirkeu KBN Daly Mulyana menegaskan bahwa anaka-anak SMA/SMK yang ikut dalam program ini bisa memanfaatkan kesempatan yang tak akan datang untuk kedua kalinya sebaik-baiknya.

“Ceritakan apa yang Anda lihat, alami, dan rasakan selama mengikuti kegiatan Sekolah Mengenal Nusantara ini kepada teman-teman di sekolah adik-adik sekalian, agar mereka termotivasi, lebih tekun belajar dan mau bekerja keras ikut membangun negeri ini,” kata Daly Mulyana.

Menurut Daly Mulyana, BUMN merupakan agen pembangunan yang punya tanggungjawab sosial pada generasi penerus bangsa. Untuk SMN Kaltara ke Jakarta menurutnya boleh jadi tidak begitu terasa dampaknya, karena Ibukota menjadi tujuan dari provinsi mana pun di Indoneia. Tapi untuk delegasi lain seperti peserta SMN Provinsi Bengkulu yang mendapat kesempatan ke Ambon, misalnya, tentu luar biasa. Karena, tanpa SMN sangat kecil peluang anak-anak muda dari dua provinsi itu saling mengenal sosial budayanya.

Dengan saling mengenal budaya di tempat lain diharapkan generasi penerus bangsa akan mampu menumbuhkan kecintaan pada negeri. Indonesia adalah negara yang besar yang dibangun oleh keberagaman suku, budaya, dan lainnya. Merekalah penjaga NKRI di masa depan, sehingga layak mendapat kesempatan untuk mengenal daerah lain.

Program Kementerian BUMN ini sudah berjalan empat tahun dan kini sudah jadi agenda tahunan yang diakui turut memberi arti di setiap peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengakhiri kunjungannya ke KBN, rombongan SMN Kaltara ini mendapat kesempatan berkeliling kawasan industri KBN Cakung.

>MT // MAJALAH KBN