BUMN UPDATE

KPK Tetapkan 2 Pejabat Waskita Karya Tersangka Proyek Infrastruktur

Keduanya ialah Kepala Divisi II PT Waskita Karya periode 2011-2013 Fathor Rachman dan Kepala Bagian Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya periode 2010-2014 Yuly Ariandi Siregar.

Ketua KPK Agus Rahardjo menerangkan, Fathor dan Yuly diduga menunjuk beberapa perusahaan subkontraktor untuk melakukan pekerjaan fiktif pada sejumlah proyek konstruksi yang dikembangkan oleh perusahaan.

Gandeng BUMN Karya, Krakatau Steel Pasok Kebutuhan Infrastruktur

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara Krakatau Steel dengan enam BUMN Karya tersebut.

"Kerja sama antara Krakatau Steel dan BUMN - BUMN Karya ini sebenarnya sudah berjalan sejak lama. Namun ditegaskan kembali dalam bentuk sinergi yang lebih kuat dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur Nasional,” kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno di Jakarta, Jumat.

Majelis Hakim PN Jakut Kabulkan Gugatan PT KBN

Dalam putusannya, majelis hakim PN Jakut yang dipimpin Alam Cakra mengabulkan sebagian gugatan PT KBN atas perjanjian konsesi atas tergugat I (PT KCN) dan tergugat II (PT KTU). Dalam amar putusannya, majelis hakim juga mewajibkan tergugat I dan II membayar kerugian materi yang ditetapkan separo dari tuntutan penggugat (PT KBN) sebesar Rp1.540 miliar menjadi Rp770 miliar.

Dililit Banyak Masalah, 1.300 Pilot Garuda Indonesia Ancam Mogok Kerja

Ancaman yang cukup serius ini membuat sejumlah pihak cemas adalah termasuk mogok saat puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2018 mendatang.

Berbagai pihak, seperti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun menyatakan penolakannya atas ancaman mogok ini.

Diketahui, hak konsumen dalam mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan saat memakai jasa penerbangan telah diatur dalam UU Perlindungan Konsumen.

Oleh karenanya, Ketua YLKI mengatakan pihaknya setuju menghargai rencana aksi itu, jika tidak menimbulkan akibat pada aspek pelayanan terhadap konsumen.

Petinggi ESDM & K-BUMN Isi Lagi Kursi Komisaris Pertamina

Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tersebut tertuang dalam SK-142/MBU/05/2018 tertanggal 30 Mei 2018. Keputusan Menteri BUMN itu, termasuk pemberhentian dengan hormat Edwin Hidayat Abdullah sebagai Komisaris PT Pertamina dan menetapkan Alexander Lay sebagai Komisaris Independen.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, penyegaran dalam jajaran dewan komisaris Pertamina ini masih dalam rangka penguatan perusahaan dari segi pengawasan.

INKA, WIKA dan Mandiri Ekspansi ke Filipina

Siaran pers Kementerian BUMN, di Jakarta, Senin menyebutkan penandatangan kontrak jual beli dilakukan antara PT INKA dan Philippines National Railways (PNR) di Manila, Filipina.

Kontrak memuat pembelian empat trainset Diesel Multiple Unit atau Kereta Rel Diesel (KRD) dengan nilai 21,4 juta dolar AS, serta pembelian tiga lokomotif dan 15 kereta penumpang senilai USD 26,1 juta.

Soal Viral Hoax Tarif Tol Trans Jawa, Ini Klarifikasi Jasa Marga

Jasa Marga meminta masyarakat terlebih dahulu mengecek kebenaran informasi melalui situs resmi, jika menerima informasi ihwal tarif tol. “Untuk tarif jalan tol, sumber utama yang resmi adalah Kementerian PUPR, Badan Pengatur Jalan Tol atau para Badan Usaha Jalan Tol terkait ruasnya masing-masing,” ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru lewat keterangannya pada Jumat, 18 Mei 2018.

PLN Resmikan 19 Proyek dengan Total Investasi Rp1,3 Triliun

"Seluruh proyek pembangunan ini merupakan komitmen aktif dari PLN kepada negeri," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto saat peresmian proyek di Gardu Induk Gandul, Depok, Jabar, Rabu.

Dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu, Haryanto mengatakan penyelesaian proyek juga sebagai bentuk dukungan PLN terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 dan kebutuhan listrik kereta cepat masal (mass rapid transit/MRT) pada 2019.

Budi Waseso Diangkat Menjadi Direktur Utama Perum Bulog

"Ini sebuah bentuk penyegaran dalam manajemen perusahaan. Pemerintah terus mendorong agar Perum Bulog sebagai perusahaan yang mengemban tugas dari pemerintah dapat menjalankan perannya untuk menjaga Harga Dasar Pembelian gabah petani, stabilisasi harga khususnya harga pokok, penyaluran program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra), pengelolaan stok pangan serta bahan pangan lainnya di luar beras," kata Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro dalam siaran pers kementerian, Jumat.

Dirut Wika Kini Ganti Pimpin Hutama Karya, Tumiyana dari PP ke Wika

Penunjukkan Bintang dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Hutama Karya yang dihadiri jajaran Dewan Komisaris dan Direksi perusahaan tersebut.

Dalam acara tersebut Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang menyerahkan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-114/MBU/04/2018 terkait pengangkatan Bintang Perbowo sebagai Dirut PT Hutama Karya.