• Pembukaan mahasiswa magang bersertifikat. -KBN-

Mahasiswa Magang Diharapkan Bisa Jadi 'Duta' KBN

Mahasiswa Magang Diharapkan Bisa Jadi 'Duta' KBN

Fri, 02/22/2019 - 10:24
Posted in:
0 comments

Direktur Pengembangan PT KBN Persero, Rahayu Ahmad Junaedi berharap 12 mahasiswa magang di KBN bisa jadi 'duta' yang membawa image positif tentang KBN di masyarakat.

Demikian antara lain disampaikan Dirbang saat pembukaan "Program Mahasiswa Magang Bersertifikat" yang berlangsung di kantor pusat KBN, Rabu (20/2).

"Moga-moga mahasiswa yang magang di KBN ini bisa jadi duta, endorse bagi KBN yang membawa image positif ke luar KBN," harap Dirbang Rahayu A Junaedi ketika memberikan sambutan di hadapan mahasiswa peserta magang, para dosen pembimbing dan sejumlah pejabat PT KBN.

Sebanyak 12 mahasiswa menjalani program magang bersertifikat selama enam bulan. Mereka datang dari perguruan tinggi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Indonesia (UIN), Politeknik Pos Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Trisakti, dan STIKOM LSPR.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat merupakan salah satu perwujudan program Kementerian BUMN “BUMN Hadir untuk Negeri”. Program ini diinisiasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan wadah bagi para pengelola dan praktisi Manajemen SDM atau Human Capital di lingkungan BUMN.

Melalui program ini, menurut Dirbang Rahayu A Junaedi, semua BUMN, termasuk di dalamnya KBN memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN (link and match universitas dengan industri).

Program ini diharapkan mampu menjadikan kesempatan ini menjadi forum pembelajaran guna menghasilkan sumber daya Indonesia yang berdaya saing global dan terbuka untuk universitas di seluruh nusantara.

Setelah melewati waktu enam bulan, mahasiswa magang yang ditempatkan pada unit kerja terkait akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini bisa jadi bekal di kemudian hari ketika akan mengabdikan diri di dunia kerja.

"Jadikan program magang ini sebagai ajang penerapan teori yang didapat di kampus dalam dunia kerja, dunia industri," kata Dirbang.

KBN, lanjut Dirbang, memiliki  lini bisnis yang beragam, dari mulai kawasan industri, properti, logistik,  hingga sarana penunjangnya seperti pengolahan air dan rumah sakit.

Selama masa magang, mahasiswa bisa mengasah skill di sini. Sementara bagi para dosen dan akademisi kampus-kampus yang terlibat, Dirbang menawarkan untuk menjadikan KBN sebagai 'lab kampus'.

Tawaran tersebut mendapat sambutan positif dari perwakilan dosen pembimbing yang hadir. Dosen dari Politeknik Pos Indonesia menyatakan rasa terima kasihnya kepada BUMN yang telah melibatkan kampus sebagai tempat menerapkan ilmu yang sudah diperoleh di kampus. Ia juga menyambut baik tawaran KBN yang siap dijadikan tempat penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas SDM bangsa.

#MY